Ini Capaian Kinerja Prima yang Ditorehkan Disdukcapil Karawang Tahun 2023
Kepala Disdukcapil Kabupaten Karawang, Bambang Susetyo--
KARAWANGBEKASI.DISWAY.ID - Capaian kinerja pelayanan prima ditorehkan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Karawang. Selain target-target kinerja tahun 2023 terlampaui, sejumlah penghargaan bergengsi pun berhasil diraih.
Tak hanya itu, berbagai program pelayanan yang "memanjakan" masyarakat Karawang juga digulirkan. Dan kini, Disdukcapil terus memaksimalkan kinerjanya.
Kepala Disdukcapil Kabupaten Karawang, Bambang Susetyo, menyampaikan, Bupati Aep Syaepuloh selalu mendukung dan mendorong dalam setiap keberhasilan program yang dijalankan oleh OPD-nya.
"Sesuai arahan pimpinan, yakni Pak Bupati, kami dipacu untuk terus memaksimalkan kinerja. Pak Bupati sangat intens, agar Disdukcapil terus meningkatkan pelayanan ke masyarakat dengan baik," ujar Bambang Susetyo, saat ditemui media ini di ruang kerjanya, Kamis 22 Februari 2024.
BACA JUGA:Inovasi Tiga Dekade BYD demi Teknologi Unggul dan Ramah Lingkungan
Bambang memaparkan, tugas dari Disdukcapil yang mengurusi soal dokumen administrasi kependudukan (Adminduk), menjadikan OPD-nya sebagai tulang punggung atau pintu masuk dari seluruh pelayanan publik.
"Karena untuk mengurusi BPJS dan membuat SIM, yang pertama harus ada KTP. Untuk anak sekolah, perlu kartu keluarga atau KK. Serta semua pelayanan publik lainnya, berawal dari adminduk. Dan itu merupakan pelayanan dasar," lanjut Bambang.
Untuk itu, kata Bambang, OPD-nya harus pro-aktif, menjadi yang terdepan. Berbagai program unggulan pun telah digulirkan Disdukcapil.
"Program kita pertama adalah menyediakan layanan di 30 kecamatan, pelayanan langsung di kantor dinas, dan layanan di tempat atau on side di MPP yang berlokasi di Teknomart Galuhmas. Setiap hari, di masing-masing tempat itu sedikitnya antara 200 sampai 300 pemohon datang," terang Bambang.
BACA JUGA:Demi Nyaleg, Dede Sunandar Rela Jual Dua Mobil, Tapi Cuma Dapat 11 Suara
Bahkan, sambung dia, pelayanan adminduk di Mall Pelayanan Publik (MPP) tak ada matinya, dalam artian, pada hari libur pun tetap buka. MPP tersebut juga masih dibawah koordinasi DPMPTSP.
Selain itu, program andalan lainnya adalah X-Men, artinya, X-tra Melayani. Dalam program X-Men tersebut, kata dia, Disdukcapil memberikan ekstra pelayanan dengan menambahkan jam operasional layanan adminduk.
"Kami pernah melayani atau membuka layanan operasional sampai pukul 9 malam. Sabtu juga kita buka opsi jika ada hal mendesak," papar Bambang.
Pihaknya juga selalu konsisten melaksanakan program Paten di setiap kecamatan. Di program ini, kata dia, bisa ribuan dokumen yang diterbitkan.
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Sumber: https://karawangbekasi.disway.id/